Welcome to my site

Darkness cannot drive out darkness: only light can do that. Hate cannot drive out hate: only love can do that.

BADAI MATAHARI 2012

Sabtu, 10 Maret 2012



Badai matahari memang sangat mengancam bumi pada tahun 2012 – 2013. Dimana diperkirakan badai matahari terbesar akan terjadi akhir-akhir ini, seperti contoh di US kemarin tanggal 24 januari 2012 terjadi badai matahari yang terjadi disebelah utara negara adi kuasa amerika serikat. Maka dari itulah untuk
penerbangan amerika serikat dialihkan ke bagian utara untuk menghindari efek dari badai matahari tersebut. Untuk kali pertamanya, pesawat ruang angkasa yang jauh dari Bumi, STEREO-A, menjadi saksi saat terjadinya badai Matahari melanda planet Bumi. Sebuah video yang dirilis NASA telah membuat para fisikawan tercengang.



Kata Craig DeForest, "Video ini membuat saya merinding,". Dan beberapa ilmuwan dari Southwest Researcher Institute di Boulder, Colorado. "Ini menunjukkan pembengkakan CME (coronal mass ejection) menjadi dinding plasma besar kemudian menerjang sebuah titik biru. Titik tersebut adalah Bumi, tempat tinggal kita. Saya merasa kecil, tak berarti". kata Lika Guhathakurta, ilmuwan misi STEREO di kantor pusat NASA, " STEREO-A telah memberi kita pandangan baru tentang badai matahari dan Kami pernah melihat CME sebelumnya, namun tak pernah seperti ini”

Pengertian dari CME adalah ledakan besar yang melontarkan miliaran ton awan plasma korona. Ketika menyapu Bumi, ia dapat menyebabkan aurora, badai radiasi, dan dalam kasus yang ekstrem adalah terputusnya jaringan listrik dan mematikan sistem satelit. CME pertama yang meninggalkan Matahari terlihat terang dan mudah dilihat. Namun, visibilitasnya secara cepat menurun saat awan plasma berekspansi ke ruang hampa udara. bagi tim ilmuwan untuk belajar mengenali CME. Kabar baiknya, kini teknik tersebut telah disempurnakan. Ini sangat penting artinya dalam prediksi cuaca ruang angkasa.

0 komentar:

Posting Komentar